Pelatihan Tata Boga SDN 1 Gunung Malang (

Pelatihan Tata Boga, khususnya di SDN 1 Gunung Malang bukan merupakan kegiatan wajib, namun pelatihan inibertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengenal berbagai jenis makanan, adat kebiasaan makan, serta kebiasaan diri yang terkait dengan makanan. Dengan pemahaman yang baik tentang hal ini, diharapkan siswa dapat menghargai kualitas sumber daya manusia, sehingga mampu mandiri dan membantu orangtua dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 1 Gunung Malang pada hari Senin 20 Maret 2023 .

Pembinaan Tata boga dilakukan dengan mempertimbangkan tiga aspek lingkungan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, bakat, minat, dan kemampuan siswa juga menjadi perhatian dalam pelatiahan ini. Guru kelas dapat melakukan pembinaan dengan mendorong dan memantau kegiatan siswa di lingkungan pendidikan keluarga dan masyarakat, sehingga tercipta keselarasan dan kesatuan tindakan dalam pembinaan.

Tujuan dari pelatihan tata boga adalah untuk mempersiapkan siswa agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan untuk berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan tata boga sebagai sumber budaya bangsa. Pelatihan tata boga dimulai dari pengenalan, pemahaman, penguasaan, penerapan, hingga pembentukan etos kerja. Tujuan penerapan muatan lokal tata boga yang lebih rinci adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan berbagai jenis makanan, cara mengolah makanan, dan adat kebiasaan makan yang dijunjung tinggi kepada siswa.
2. Memberikan kemampuan dan keterampilan kepada siswa yang bisa dijadikan bekal hidup berkeluarga di masyarakat atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
3. Memberikan bekal kepada siswa agar dapat membantu dirinya sendiri dan membantu orang tua