Memperingati Pekan Imunisasi Nasional

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, dan Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mulai Senin 15 Januari 2024.
SD Negeri 1 Gunung Malang mendapat jadwal vaksinasi Polio pada Hari senin tanggal 15 Januari 2024, Pemberian imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) menargetkan 40 anak berusia 0- 7 tahun yang meliputi seluruh siswa kelas 1-2 di SD Negeri 1 Gunung Malang, yang diberikan sebanyak dua tetes dengan interval minimal satu bulan.

Vaksin Polio yang diberikan adalah virus yang sudah dimatikan atau dilemahkan. Berdasarkan hasil uji klinis, menunjukkan nOPV2 menyediakan proteksi terhadap 2 tipe poliovirus dan lebih stabil secara genetik dan risiko lebih kecil untuk menimbulkan paralisis pada kelompok tidak diimunisasi.setelah pemakaian selama kurang lebih 3 tahun menunjukkan bahwa nOPV2 menyebabkan 80 persen lebih kecil kemungkinan terjadinya outbreak Polio varian baru dibandingkan dengan pemberian jenis vaksin pendahulunya, yakni mOPV2. Data Tersebut berdasarkan uji klinis vaksin yang dilakukan Kementreian Kesehatan RI.