KKN UIN Jember (29 juli 2021)

Sekitar awal bulan Juli 2022 SD Negeri 1 Gunung Malang, menerima Mahasiswa KKN UIN Jember untuk melaksanakan program KKN yang diberikan pada mahasiswa tingkat akhir, kegiatan KKN tersebut di SDN 1 Gunung Malang memiliki tema Sekolah Mengajar, dimana pembelajaran yang dilakukan Mahasiswa dengan bermain sambil belajar. Kegiatan ini dapat membuat siswa lebih tertarik dan lebih memahami materi yang di bawa oleh Mahasiswa. 
Mahasiswa memilih sasaran mengajar di kelas 3, kelas 5 dan kelas 6 karena mahasiswa mengetahui karakteristik penilaian yg dan bahan aja yg ingin mereka berikan sekaligus untuk materi laporan meraka.
Pembelajaran yang diberikan berorientasi pada pengenalan pembelajaran dengan mengenal alam sekitar, sehingga memudahkan siswa dalam mengenali materi / bahan ajar dari apa yg mereka lihat sehari-hari.
Dampak positif lainnya yang diterima siswa, mereka lebih aktif karena terbiasa belajar di ruangan sekarang mencoba pembelajaran di luar ruangan, meski hanya 2 bulan kegiatan tersebut. Kami selaku pihak sekolah sangat berterimakasih karena sudah memberikan materi dan metode pembelajaran baru kepada siswa SDN 1 Gunung Malang.