Ekstrakurikuler Seni Hadrah SDN 1 Gunung Malang

     Kesenian merupakan bagian yang sangat penting bagi pembentukan pibadi manusia, karena kesenian berfungsi menghaluskan perasaan dan budi pekerti manusia. Berlandaskan pemahaman tersebut SDN 1 Gunung Malang memilih Seni Hadrah Sebagai Ektrakuriler Pilihan. Dimana Siswa Siswi dapat mengembangkan bakat dan potensinya di bidang seni.
    Hadrah merupakan kesenian Islam yang di dalamnya berisi shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang digunakan sebagai media menyiarkan ajaran agama Islam. Dalam kesenian ini tidak ada alat musik lain kecuali rebana. Kesenian ini selain sebagai media untuk menyebarkan ajaran agama Islam juga sebagai sebuah hiburan. Dalam rangka mempertahankan Seni dan Budaya tersebut siswa dilatih agar mampu menguasi dan melestarikannya, SDN 1 Gunung Malang mengadakan ektrakurikuler Seni Hadrah Sekali dalam seminggu.

Dalam  Era Modernisasi ini seni hadrah tidak saja bernuansa seni, namun ia juga terkait dengan masalah identitas. Seiring dengan semakin menguatnya peranan kelompok tradisional Muslim di Indonesia, hadrah merupakan salah satu bentuk identitas kebangkitan Muslim tradisional di Jawa, bahkan di daerah Suboh, parade hadrah diselenggarakan setiap tahun pada saat menjelang memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.