Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias) 12 September 2022

Pada hari Senin 12 september 2022 Pukul 09.00 Wib Puskemas Suboh melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias) terhadap anak Sekolah Dasar, SD Negeri 1 Gunung Malang mendapatkan kunjungan pertama dalam kegiatan BIAS tersebut, tujuan dari kegiatan tersebut sebagai upaya booster (ulang) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi ( DPT ) dan campak , dimana pada saat usia anak duduk di sekolah dasar, kekebalan sudah mulai menurun. pemberian imunisasi Campak Rubella, diberikan pada siswa kelas 1 , akan memberikan perlindungan terhadap penyakit Campak selama 14 tahun, kemudian untuk kelas 5 dan 6 diberikan Imunisasi HPV diberikan 2 dosis dengan jarak pemberian 1 th, Dosis pertama kelas 5 Perempuan, dosis kedua kelas 6 Perempuan, melindungi dari infeksi virus HPV seumur hidup.
Kegiatan tersebut sempat membuat panik, wali kelas dan tim NAKES karena mayoritas siswa yang duduk di bangku kelas rendah masih takut dengan pemeriksaan seperti ini. Beragam upaya dilakukan guna menenangkan siswa dan mau mengikuti program BIAS dengan lancar.
Meski memakan cukup banyak waktu, tepat pukul 10.30, Program BIAS di SD Negeri 1 Gunung malang selesai, siswa yang sebelumnya histeris sudah mulai tenang dan mau bermain kembali. Dengan adanya program tersebut, diharapkan siswa – siswai SD Negeri 1 Gunung Malang mendapatkan tumbuh kembang yang lebih baik kedepannya, dan lebih kebal terhadap penyakit.