SIMULASI TANGGAP BENCANA

Kita semua tahu bahwa bencana adalah hal yang sangat menakutkan bagi semua orang. Bencana adalah hal yang tidak bisa kita hindari dan bukanlah sesuatu yang dapat kita ketahui sebelumnya.

Di Indonesia, bencana sudah sangat akrab dan datang silih berganti, baik bencana yang disebabkan oleh kekuatan alam, bencana non alam, maupun bencana social. Tentu, bencana yang paling besar pengaruhnya adalah bencana alam, baik dari segi kekuatannya dan dampak yang terjadi setelahnya.

Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo mengajak lembaga pendidikan di seluruh kabupaten Situbondo untuk melakukan simulasi tanggap bencana agar anak-anak lebih aware (waspada) terhadap bencana yang terjadi khususnya di lingkungan sekolah, lebih jauh kita mempersiapkan generasi muda agar Tanggap, Tangkas, dan Tangguh dalam menghadapi bencana yang terjadi.

Simulasi tersebut diawali dengan pemberian pemahaman terhadap siswa untuk mengetahui isyarat / tanda-tanda ketika bencana terjadi, serta langkah preventif agar seluruh warga sekolah selamat dari bencana tersebut.
tepat pukul 10 WIB simulasi tanggap bencana tersebut serentak dilaksanakan di seluruh lembaga pendidikan di kabupaten situbondo, diawali dengan bunyi alarm panjang dan kentongan sebagai isyarat keadaan darurat! seluruh siswa dan warga sekolah diminta untuk segera keluar dari ruangan dan berkumpul di tempat aman untuk meminimalisir korban!

Melalui program simulasi tanggap bencana tersebut diharapkan seluruh warga sekolah paham dan mengerti langkah-langkah yang harus dilakukan agar seluruh warga sekolah aman dari bencana yang terjadi!